KAMUS TUMPI

Kata “tumpi” dalam khazanah bahasa bahasa lokal—terutama bahasa Jawa—memang masih terdengar aneh. Di Kamus Besar Bahasa Indonesia—edisi keempat—, tak ditemukan kata “tumpi”. Namun jika dicari melalui mesin pencari seperti Google, kita akan menemukan beragam “tumpi”. Ada yang merupakan jenis rempeyek, sinonim dari kulit ari kedelai, sinonim dari limbah agroindustri dari jagung pipilan yang digunakan untuk pakan ternak, sinonim dari cucur—nama jajanan—, nama dari makanan olahan ikan khas Bugis (dengan mengulang: Tumpi Tumpi), dan sebagainya. Bahkan ada yang menyebut bahwa tumpi sudah ada sejak zaman Jawa Kuno sebagai sebutan untuk makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu. Wallahu a’lam.

Dari semua “tumpi” tadi, mayoritasnya memang mengarah pada makanan, merujuk pada jenis camilan berujud rempeyek (peyek). Nama tumpi sebagai jenis rempeyek dikenal pula sampai ke negeri jiran, Malaysia. Meski di negeri jiran lainnya, Brunei Darussalam, mengenal tumpi sebagai salah satu pancake (kue dadar). Sampai di sini, perbedaan itu muncul. Perbedaan terjadi dalam hal topping (taburannya). Di Ungaran, Salatiga, Semarang, Wonosobo, dan sekitarnya, tumpi adalah istilah akrab untuk menyebut peyek kacang hijau. Sementara itu, di Pacitan, tumpi adalah sebutan untuk peyek kedelai hitam.

Di luar itu, ada yang menyebut tumpi untuk proses pengolahannya, jadi tidak melulu kacang hijau atau kacang kedelai. Jadi kita bisa menyebut tumpi kacang hijau, tumpi kacang tanah, tumpi kedelai, tumpi udang, dan sebagainya, tergantung taburannya.

“Mazhab” inilah yang dianut Peyek Tumpi Purworejo. Tumpi, menurut Hj. Somiyah Yasir, praktisi “perpeyekan” Purworejo, adalah proses penggorengannya. Jadi adonan yang sudah ditaburi kacang tanah/kedelai/kacang hijau/ikan teri, dll—tidak satu jenis taburan—dituangkan ke pinggir wajan. Cara inilah yang disebut tumpi. “Adonan ini ditumpi namanya,” kata wanita asli Pemalang yang mengawali usaha peyeknya sejak 1976 itu. Adonan itu, lanjutnya, kemudian disiram minyak panas, sebelum dilepas lantas digiring ke tengah minyak panas.

Definisi mana yang paling tepat, memang tak perlu diputuskan, karena hal ini menyangkut istilah yang sudah telanjur turun-temurun. Namun, daripada bingung menyoal definisi tumpi, tak ada salahnya Anda mencicipi produk kami yang sangat gurih dan renyah ini. Selamat mencoba!